1. Animasi Cel
- Kata cel berasal dari kata “celluloid” yang merupakan materi yang digunakan untuk membuat
film gambar bergerak pada tahun - tahun awal animasi.
- Sekarang material film dibuat dari asetat (acetate)
- Biasanya digambar dengan menggunakan tangan (hand-drawn animation)
- Animasi cel biasanya merupakan lembaran - lembaran yang membentuk animasi tunggal.
Masing - masing sel merupakan bagian yang terpisah, misalnya antara obyek dengan
latar belakangnya, sehingga dapat saling bergerak mandiri.
- Misalnya seorang animator akan membuat animasi orang berjalan, maka langkah pertama
dia akan menggambar latar belakang, kemudian karakter yang akan berjalan di lembar
berikutnya, kemudian membuat lembaran yang berisi karakter ketika kaki diangkat, dan
akhirnya karakter ketika kaki dilangkahkan.
- Animasi cel juga disebut Animasi Tradisional dimana terdapat beberapa langkah
pembuatannya :
a. Menyiapkan ide / storyboard (script)
ide disiapkan berupa gambar yang berupa sketsa dan tulisan yang diserahkan ke
director animasi.
b. Voice Recording
Mempersiapkan segala musik, soundtrack, sound efek, dan suara karakter animasi yang
dibuat.
c. Animatics (story reel)
Biasanya dibuat setelah pembuatan sountrack, sebelum aniamsi selesai dikerjakan.
Berisi gambar - gambar kejadian dan storyboard yang sesuai dengan adegan gambar.
d. Design and Timing
Setelah animatics selesai, maka animatics akan dikerjakan dibagian design departement.
Biasanya melibatkan character designer, background stylis, art director, color stylis,
dan timing director.
e. Layout
Layout meliputi, sudut penataan kamera, lighting, dan shading.
f. Animation
Animation digambar dengan pensil di banyak kertas. Perlu diperhatikan juga
detail gerakan penyesuaian waktu, dan penyesuaian mimik muka dan mulut.
g. Background
Background dapat digambar dengan menggunakan water color, oil paint, dan crayon.
h. Scanner
Pada zaman sekarang lebih mudah, karena biasa menggunakan scanner.
2. Animasi Frame
- Animasi Frame adalah bentuk animasi paling sederhana.
- Dalam sebuah film, serangkaian frame bergerak dengan kecepatan minimal 24 frame
per detik, agar tidak terjadi jitter.
3. Animasi Sprite
- Pada animasi ini, gambar digerakkan dengan latar belakang yang diam.
- Sprite adalah bagian dari animasi yang bergerak secara mandiri.
- Dalam animasi ini yang dapat kita edit adalah animasi dari layar yang
mengandung sprite, tapi kita tidak dapat mengedit bagian dalam yang
ditampilkan oleh layar untuk masing - masing frame seperti pada animasi frame.
4. Animasi Path
- Animasi path adalah animasi dari obyek yang bergerak sepanjang garis kurva
yang ditentukan sebagai lintasan.
- Pada kebanyakan dalam animasi path dilakukan juga efek looping yang membuat
gerakan path terjadi secara terus menerus.
5. Animasi Spline
- Spline adalah representasi matematis dari kurva. Sehingga gerakan obyek tidak hanya
mengikuti garis lurus, melainkan berbentuk kurva.
6. Animasi Vektor
- Vektor adalah garis yang memiliki ujung pangkal, arah dan panjang.
- Animasi vektor mirip dengan animasi sprite, tapi animasi sprite menggunakan bitmap
sedangkan animasi vektor menggunakan rumus matematika untuk menggambarkan
sprite-nya.
7. Animasi Character
- Animasi character biasanya terdapat di film kartun. Semua bagian dalam film kartun selalu
bergerak bersamaan. Software yang biasa digunakan adalah Maya Unlimited. Contoh
film kartun yang dibuat dengan Maya Unlimited adalah Toy Story dan Monster
Apapun jenis animasinya, yang penting adalah bagaimana kita dapat memberikan efek " hidup "
(visual efek) pada gambar atau obyek.
macam-macamny bro?
BalasHapus